Teori Kepemimpinan (Leadership) & Rolemodel

Posted by Ahmad Khairudin on Februari 10, 2020 with No comments


Dalam suatu organisasi & dunia profesional kerja semua tidak terlepas dari kata dan makna kepemimpinan atau sering dikenal dengan kata "Leadership"

Kepemimpinan adalah salah fungsi Manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan sehingga mencapai sasaran dan tujuan organisasi nya. Kemampuan kepemimpinan atau Leadership seorang Manajer akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi terutama dalam hal pencapaian tujuan organisasi nya.

Dalam buku kepemimpinan yang cukup populer berjudul "The secret - Rahasia kepemimpinan " karya Ken blanchard. J.C. Maxwell, Tokoh yang kata dan karyanya cukup banyak dijadiakan acuan dalam teori kepemimpinan mengatakan "Segala sesuatu bangkit & jatuh karena kepemimpinan", oleh karena itu teori kepemimpinan adalah hal yang paling dasar dalam management & Organisasi

Menumbuhkan Jiwa Leadership 

Perlukan kita mempelajari Jiwa leadership ? apakah jiwa leadership itu penting dan bagaimana menumbuhkan jiwa leadership ?
Setiap orang yang memiliki jabatan atas suatu posisi dalam organisasi pasti memiliki jiwa leadership, namun apakah seseorang yang tidak memiliki team member tidak bisa dikatakan memiliki jiwa ledership ? tentu tidak leadership harus dimiliki dan dipalajari oleh setiap orang yang ingin memimpin ataupun ingin memperbaiki kualitas dirinya 
Self leadership is not about managing others,
self leadership is about leading yourself.
Bagaimana menumbuhkan jiwa leadership, hal yang paling sederhana dan mudah adalah mencari Role Model, secara sederhana arti dari kata role model adalah teladan. Menurut Wikipedia, role model adalah “person who serve as an example, whose behavior is emulated by others” atau seseorang yang memberikan teladan dan berperilaku yang bisa diikuti oleh orang lain.
kenapa penting mencari sosok role model, karena dari situ kita bisa menilai, mempelajari, mengamati bahkan meniru sosok teladan tersebut agar secara perlahan setiap nilai nilai kebaikan dan contoh baik tersebut dapat diimplementasikan dan di adaptasi ke dalam diri sendiri.


  • Sekarang siapa yang Menjadi Role model kita ?
  • Nilai apa yang kemudian kita ambil untuk kita tiru dan terapkan dalam nilai - nilai kita. 

Karena tidak bisa dipungkiri untuk memastikan bahwa organisasi yang dipimpinnya berjalan dengan dinamis, seorang pemimpin harus mempunyai nilai-nilai tertentu yang dapat menjadi teladan. Nilai-nilai tersebut hendaknya dapat bersifat implementatif, dapat diterapkan dengan mudah dan dapat dipahami dengan jelas oleh bawahan. Contoh nilai-nilai tertentu atau teladan yang dapat dijadikan Role model, misalnya seorang pemimpin itu harus mempunyai integritas, attitude, amanah, ikhlas dalam menjalankan tugasnya. Tujuan utamanya adalah bagaimana dapat menjalankan yang terbaik untuk organisasi dan kemaslahatan bagi bawahan yang dipimpinnya.AK



Reaksi: