Universitas "Ramadhan" : Evaluasi, Target dan lulus dengan gelar Taqwa

Posted by Ahmad Khairudin on 18.43 with No comments
1 Ramadhan 1434 H,  

         Alhamdulillah, Allah menyampaikan kita kepada satu bukan yang hanya di miliki oleh umatnya Nabi Muhammad SAW, bulan di mana ketika setiap kebaikan di lipat gandakan, bulan ketika setiap ibadah sunnah di nilai wajib, yang wajib di lipat gandakan bahkan tidurpun bernilai ibadah.Subhanalah sudahkan kita paham dan memaknai bulan ini dengan kesungguhan iman, semoga bulan ini bisa menjadi momentum awal ataupun titik balik kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiinn

           Saya memaknainya sebagai bulan yang layaknya Universitas , kenapa universitas ? dalam kesempatan bulan ini, ini bulan yang sangat baik dan penuh keberkahan bayangkan ketika setiap anak berkesempatan menjadi anak pesantren (walau hanya pesantren kilat :) ) atau kita menjadi salah satu santrinya , hehe,  ketika setiap kebaikan bernilai ibadah dan tiap setan terikat katanya. dan ini juga kan ibadah yang pahalanya di hisab langsung oleh Allah SWT. dengan mendapat gelar "Taqwa" sesuai panggilan Allah dalam Firmannya di surat Al Baqarah ayat 183 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

         Semoga benar gelar ketaqwaan itu hadir dalam diri kita, sehingga itu gelar terbaik yang akan kita bawa di akhir kehidupan kita di dunia.

Persiapan di Universitas Ramadhan untuk mendapatkan Gelar Taqwa

           Masih ingat ketika kita SD, kita pasti di bagikan agenda ramadhan oleh guru agama kita dan wajib di isi kemudian di kumpulkan, dulu ketika kita masih duduk di bangku sekolah dasar pertanggung jawaban kita hanya terhadap nilai perlajaran agama, seiring sejalan usia bertambah sampai akhirnya kita paham pada satu nilai yang lebih penting dari pada nilai guru agama kita, yaitu nilai keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

            Atau sekarang, kalau di Universitas (red : Kampus Kita ) aja kita mempersiapkan dengan sungguh-sungguh, mulai dari belajar, mempersiapkan ujian, menunjukan keseriusan terhadap dosen yang memberi nilai dan rela melakukan apapan demi 2 atau 3 huruf di belakang nama, misalnya (S.Pd , S.P , S.Kom , S.T , S.si , A.md ) dan sebagainya yang belum tentu kita akan selamat di kehidupan mendatang untuk 3 huruf di depan nama (Alm) (red: Almarhum/almarhumah) , maka cuma gelar ini yang nantinya akan membawa kita ke surga-Nya Allah SWT.

saya punya rekomendasi, yang mungkin bisa dan mudah-mudahan bermanfaat untuk teman -teman semua,
dalam mempersiapkan ramadhan kita untuk mendapat gelar taqwa, Insya Allah
 
Lembar Evaluasi Ibadah
Lembar penilaian ibadah harian kita mulai dari bangun tidur, melakukan aktivitas sampai tidur lagi, nah ini juga penting teman - teman dalam menilai sehauh mana ibadah kita dan target-target kita bisa tercapai selama ramadhan ini, yukk semangat.. jangan sia-siakan kesempatan baik ini.

Agenda Ramadhan

Ini beberapa agenda standart minimum agenda orang yang sedang berpuasa di bulan ramadhan,
- Menjaga Shalat 5 Waktu tepat pada waktunya
- Menahan diri dari segala yang merusak shaum
- Tekun membaca ( Tilawah ) Al Qur'an dan mengkhatamkan Alqur'an minimum sekali
- Komitment shalat Taraweh/qiyam jama'ah di masjid
- Memperbanyak do'a dan Dzikir di setiap waktu
- komitmen untuk shadaqoh, berbagi ta'jil dan silaturahim
- Menghentikan Ghibah, namimah , bercanda dan segala yang merusak puasa
- Memanfaatkan waktu dengan sebaik - baiknya dan produktif

atau lebih tingkatkan lagi agenda ramadhannya, jadi :
- khotmul Qur'an : minimal 1x dalam ramadhon, dengan aturan setiap hari harus tilawah
- khotmul Qur'an Minimal 3 kali
- khotmul 1 kali terjemahan Al-qur'an
- Tahfidz Al Qur'an di targetkan juz 30 selesai
- Shalat taraweh Full
- Subuh full di masjid
- Qiyamul lail minimal 3 kali/pekan
- Shalat Dhuha tiap pagi
- Baca buku islam setaip hari (minimal 3 Buku)
- Tausiyah ke teman2
- Birul walidain setiap hari
- 'Itikaf di 10 hari ramadhan terakhir

semua itu kesepakatan teman - teman dengan ruh, jiwa dan akal teman- teman, semoga bisa terlaksana dengan sebaik - baiknya.

Target Ramadhan

         Hayyoo... Apa target hebat yang akan menjadi prestasi dan lulus dengan gelar Taqwa di universitas Ramadhan ini, 
seorang teman pernah tanpa sadar saya wawancarai, 
"Bro, target ramadhan tahun ini apa ??"
Pokoknya banyak, harus Baca Buku keislaman, Hatamin Al qur'an, Hafalin Al Qur'an dan Hadist, Infak, shadaqoh dan lain - lain 
"Good"

         ini contoh kecil, tapi evaluasi dari saya adalah kurang spesifik, buku keislaman apa yang harusnya kita baca, mau hatam Al qur'an berapa kali , mau berapa hadist yang di hafal selama ramadhan , mau tiap kapan infak, shadaqoh yang kita keluarkan, itu juga perlu di perhitungkan guna mempermudah kita dalam mengevaluasi sendiri apa yang menjadi target kita dan hasilnya nanti setelah ramadhan berlalu.

dalam target buku saya misalnya, buku yang saya hatamkan tahun ini adalah :
- Tarikh Al Khulafa (Ensiklopedia pemimpin Umat islam dari abu bakar hingga Mutawakkil )
- Sudah benarkah Shalatku ?
- Fiqih Prioritas
- Buku Buku Penunjang Skrippsi :D (yang ini di rahasiakan jenis bukunya ) hehe

ini hanya sebagian kecil dari contoh, jadi sudah berani kah membuat target yang spesifik :D


     " Banyak orang yang selama ini, sibuk akan agenda target ramadhannya, namun kemudian setelah ramadhan berlalu semangat itu seperti tak bernilai di kemudian hari, Ada hal yang lebih hebat sebenarnya dari pada menjalankan target ramadhan itu sendiri, yaitu pembiasaan yang nantinya kita berharap menjadi kebiasaan di bulan selanjutnya,dan menjadi hal yang ketika kita tidak melakukan shalat maalam, tidak baca Al qur'an dan tidak infak ada hal yang kurang dan hilang dari diri kita..


Semoga Bermanfaat, selamat menjalankan ibadah puasa...
Semoga mendapatkan gelar Taqwa :)

AK
Reaksi: