NuraniKita

Posted by Ahmad Khairudin on 20.47 with 1 comment

Bismillah....
KeagunganMu, Ya Rabbi, yang telah membuat hidup begitu hidup dan berarti. Tiadalah kita ada di dunia ini, kecuali sebagai HambaMu, yang Engkau titipkan amanah dipundaknya sebagai pembawa panji-panji Islam untuk ditegakkan di muka bumi-Mu. Tak banyak orang menginginkan amanah dakwah, tak banyak orang pula yang sanggup membawa amanah ini sebaik-baiknya hingga akhir perjalanannya. Namun, yakinlah, dari sedikit orang ini, justru merekalah orang-orang tangguh yang Allah pilih sebagai PejuangNya. Jika kalian merasa demikian, maka patutlah kalian bangga dan balaslah dengan kesyukuran kepada Allah. Namun, jika itu belum kalian rasakan, teruslah mencari, teruslah berusaha dengan sungguh-sungguh (berjihad), karena kalian tak kan pernah tau bagaimana akhir cerita kehidupan kalian. Semoga Allah senantiasa melimpahkan cintaNya, hidayahNya, RidhaNya dan keistiqomahan kepada kalian yang telah memilih jalan dakwah ini sebagai jalan kehidupan. (AR)

Bismillahirrahmanirrahim

            Informasi di masa kini merupakan hal yang penting untuk disharing dan saring. Di bagikan untuk membangun kebaikkan dan difilter dari segala keburukkan yang akan menyebar di masyarakat. Informasi yang diharapkan adalah hal yang dapat membangun isue untuk merestorisasi perbaikkan umat bukan sekadar menjadi konsumsi komersial public namun sarat ghibah dan  fitnah. Informasi yang seperti ini, bukanlah informasi yang lahir dari media-media sekuler dan liberal, namun hadir dari sajian media yang berani menyuarakan kebenaran tanpa ‘pesanan’.

            Nuraniku hadir sebagai salah satu media kampus dengan nafs Islam dalam kejurnalistikan. Menjadi sebuah urgensi Nuraniku untuk hadir ditengah masyarakat kampus UNJ. Dan untuk hadir sebagai media yang lugas, tegas, serta jujur menyebarkan informasi, tentunya harus ditunjang dengan pendanaan yang baik. (DRL)

Saatnya Nuraniku


            Lembaga Dakwah Pers Kampus UNJ,dengan lebel Pers ini membawa tanggung jawab besar. Ia yang mengaku Pers, seharusnya selalu tahu lebih awal mengenai isu terupdate baik internal kampus maupun nasional. Dan bukan hanya mengetahui berita tersebut, melainkan juga menyampaikan kebenaran itu kepada masyarakat kampus luas. Mungkin saja mereka, lembaga dakwah pers itu punya banyak inisiatif dalam menyampaikan kebaikan, hanya belum sempat saja dituliskan. Hingga seakan tergambarkan hari ini, bahwa Lembaga Dakwah Pers Kampus di UNJ mati suri. Tak ada greget yang secara signifikan memberi dampak besar, dampak manfaat untuk masyarakat UNJ. Entah apa masalahnya di internal lembaga ini. Nuraniku, mereka yang di dalamnya mungkin merasa hatinya menyatu, gerak mereka tak menyatu. Bukankah kejahatan yang terorganisir akan dapat menutup kebaikan yang tidak terorganisir dengan baik? Sudah baik visi Nuraniku, lalu bagaimana dengan kerja mereka? Sudah sampai mana? Mau dibawa kemana Nuraniku? Jika memang pers adalah hal utama yang diusung, bergeraklah sebagaimana mestinya. Bertebaranlah di muka bumi UNJ untuk menyampaikan kebaikan. Jangan lupa terhadap kultur yang sudah ditanamkan oleh kakak-kakak kalian bagaimana dakwah pers seharusnya. Saling tolong menolonglah untuk menolong agama Allah. Jangan tangguhkan beban pada hanya satu orang saja. Dan janganlah hanya ingin bergerak sendiri, tanpa merasa butuh bantuan dari saudara kalian. Apa kalian hanya ingin memasuki surga-Nya hanya seorang diri? Tentu tidak bukan?Redaksi, Litbang, Kaderisasi, PU bersatulah! Tunjukkan bersatunya kalian dalam sebuah karya besar dan baik. Ini adalah kesempatan untuk kalian, menyambung proses perjalanan dakwah di kampus UNJ melalui tulisan yang berkarakter. Jika kalian terhenti sejenak, sekarang waktunya untuk bangkit lagi. Kencangkan tali pengaman kalian yang bersiap mengendara dengan speed 80km/jam atau bahkan lebih, bukan lagi berjalan dalam kecepatan 30 km/jam. Tentu sudah banyak ilmu kejurnalistikan yang kalian peroleh, sekarang waktunya untuk banyak berbuat. Bukan lagi hanya banyak menerima. Yang pasti kita tahu bahwa tangan yang di atas itu lebih baik dari pada tangan di bawah. Sama halnya dengan kalian yang memberi informasi kebaikan lebih baik dari mereka yang menerima ilmu kebaikan. Akhir kata saatnya Nuraniku Bangkit dan Bersatu. 
(Si PengamatLangit)

            "Ya, inilah bangunan jama’ah itu. Ketika semua bagian saling terkait, saling menyatu, saling menjadi bagian utuh dengan bagian lainnya. Setiap bagian sama pentingnya, seperti kita memahami bagian manakah yang penting dari mobil. Roda sama pentingnya dengan kemudi, rem sama pentingnya dengan gas, oli sama pentingnya dengan bahan bakar. Semua bagian menjadi pembentuk bangunan utuh dari jama’ah. Jika berkurang satu bagian, akan berdampak secara sistemik bagi kegiatan dan kehidupan jama’ah.

              Semua dari kita memiliki potensi dan kemampuan yang hebat, alhamdulillah. Namun sehebat apapun potensi itu, menjadi kurang bermakna ketika tidak diwadahi jama’ah. Engkau mungkin kurang sabar dalam mengikuti ritme hidup berjama’ah, karena ada aturan, ada panduan, ada pedoman, ada keputusan yang harus dilakukan. Engkau mungkin merasa bosan dengan berbagai agenda hidup berjama’ah yang tampak lamban, padahal engkau bisa melakukan berbagai hal lebih cepat. Memang bisa, dan sangat mudah bagimu.Namun itu bukan jama’ah. Karena jama’ah artinya keterpaduan, kesatuan, keharmonisan, kebersamaan, kesediaan, kerelaan, empati, dan keteraturan. Karena jama’ah artinya perencanaan. koordinasi, konsolidasi, pengaturan, manajemen, komando, pengawasan serta evaluasi. Karena jama’ah artinya penyatuan hati, perasaan, pikiran, dan kegiatan. Karena jama’ah artinya kasih sayang, kelembutan, ketegasan, kedisiplinan dan keserasian. Karena jama’ah artinya cinta."
(Cahyadi Takariawan)

Sebab tak ada satu hal pun di semesta yang terjadi secara kebetulan. Maka mengenalmu juga bukanlah kebetulan, melainkan keindahan taqdir yang Ia kirimkan, untukku. :) 
*disaat harus melepaskan genggam pada yang satu dan menerima genggaman baru lainnya* - alizz-


PENUTUP

         “Aku melihat, air yang berhenti itu merusak dirinya. Kalau ia mengalir pasti akan baik. Kalau ia berhenti akan buruk. Dan kalaulah singa tidak meninggalkan tempatnya, ia tidak dapat buruan. Demikian juga panah, kalau tidak bergerak meninggalkan busur, dia tidak akan mengenai sasaran.”  untuk para penerus ranah ini, jadilah penggerak baru yang bebas dari sifat lemah dan kehinaan. Penggerak baru yang keberislamannya tidak hanya sebatas shalat, shaum, dzikir, dan mengaji. Tetapi Penggerak yang dadanya bergejolak saat kesucian agama dihinakan. Hatinya meleleh, bersedih dengan setiap kelemahan jiwa. Pengegerak yang tidak menyia-nyiakan usianya begitu saja, tapi mengubahnya menjadi kekuatan dahsyat untuk sebuah karya besar.
Dan apabila diturunkan satu surat sebagian mereka memandang kepada sebagian yang lain (sambil berkata): "Adakah seorang dari (orang-orang muslimin) yang melihat kamu?" Sesudah itu mereka pun pergi. Allah telah memalingkan hati mereka disebabkan mereka adalah kaum yang tidak mengerti. (QS. At-Taubah : 105).

         Sesungguhnya kami tidak mengharapkan sesuatu apapun dari manusia, tidak mengharapkan harta benda, atau imbalan lainnya. Tidak juga popularitas, apalagi sekedar ucapan terima kasih. Yang kami harapkan adalah selalu mendapat kebaikan dari Allah Pencipta Alam Semesta, yang dengan itu dapat memberikan kontribusi terbaik untuk umat kita, agama kita, karena Allah dan untuk Allah .(Sum)

Apapun yg terjadi
nikmati Masa amanah ini
Hapus air mata, berikan senyummu.
Kadang, senyum terindah datang setelah air mata penuh luka.

Untuk sahabat-sahabat saya yang telah relah banyak menemani dalam satu tahun kepengurusan ini... 

bang Radit, ane kagum  bang sama ente , inget banget ketika mabit tidur bareng di kamar saya sama ikhwan-ikhwan nuraniku waktu IJT 5, di sepertiga malam ente ga tidur ane liat baca qur'an ditengah kita semua tertidur,an pura-pura ga bangun aja,  ga pernah loh saya ketika nginep bareng sama temen lain liat hal kaya gini,  saya tetep ga bisa sebagus ente dalam mimpin nuraniku kak , bang radit #Luarbiasa :)

ka didit, kak minta maaf ka ga bisa menjalankan amanah ini dengan baik, padahal ka didit selalu ngasih masukan ide yang luar biasa dan solutif untuk saya, terima kasih ya kaa :), saya masih mau belajar banyak dari ente bang :) 
kak ami, ka ita, ka aisyah dan ka naisa , Fantastic 4 nuraniku :D, kakak-kakak DPR (Dewan penasehat redaksi ) ka terima kasih ya atas bantuan, nasihat dan kontribusinya nuraniiku tahun ini, :)ka yaser, bang ente udah ga di sering kampus si bang, kan asik bang cerita dan bercanda sama ente bang, terima kasih ya bang 

buat akh Fadli terima kasih sudah jadi sekjend yang luar biasa, memimpin tarbawi dan menjadi sekjend di nuraniku itu idak mudah , namun kau mampu amanah , semangat ya dan semangat untuk nuraniku tahun depan.

buat ka sumi,, wah sekertaris yang sangat luar biasa, yang tak pernah mengeluh dan murah senyum, terima kasih ka udah banyak bantu saya di kepengurusan tahun ini.. :) 
Mba Dian, orang yang paling semangat kalau lagi cerita appapun , besok ceritakan nuraniku ke adik2 kelasnya ya, tularkan semangat itu mba, terima kasih telah banyak membantu dan jadi bendahara umum yang sangat luat biasa :DMba Izzah, ibu PENDEKAR :P, orang yang paling saya segani di nuraniku, maf mba kalau udin banyak salah, terima kasih loh sudah banyak negor saya, memang tidak salah pilih sebagai ibu kaderisasi, benar-benar seorang kader sejati :), inget waktu pertama ketika dulu sering sms , mba bilang saya jangan terlalu sering sms , karena takut saya jadi ragu setiap mau sms mba izaah, bahkan sampai sekarang :),  dan pesan terakhir menegeman waktu ya mba, semoga lebih baik lagi.

Bang ibrahim, ini juga orang yang paling saya segani dan hormati di FT, bosnya FT.. :)Terima kasih bang udah sering ngasih masukan, diskusi dan ilmu-ilmu yang bermanfaat, nemenin saya di Nuraniku tahun ini, terus bimbing saya ya bang :), saya masih cupu dan bandel di FT :)

ka Chai , sang pengamat langit, terima kasih ka, tiap semangat-semangat dan antusiasnya,ide-ide yang hebat dan terima kasih sudah semangat menjalankan amanah sebagai ketua litbang di nuraniku :) adit,  wihh.. ketua pelaksana IJT, makasih dit buat perjuangan kerja kerasnya di IJT, Alhamdulillah iJT terlaksana :)ka amel, mantan PJ DK Univ dan sekarang  jadi kadept PU yang luar biasa, sosok orang yang tenang namun amanah, wariskan ilmu-ilmunya ya ka, :)

Aris, masih inget ada loh ris yang bilang ente itu orang yang sangat bijaksana dan berwibawa sewaktu pemilihan ketua IJT, luar biasa kadept entrep di BEM FT, wakadept PU di nuraniku, dan salah satu "bang cetak" :),  semoga menjadi enterpreneur yang hebat , terima kasih ya ris :D ini nih kader yang luar biasa, Ka Hakim, ente itu pokoknya yang paling super dah bang tahun ini, orang yang punya niat baik ga mau merepotkan orang dalam amanah-amanahnya sampai semuanya dikerjakan sendiri :), kadang ga paham sama jalan pikiran ente bang, tapi jujur an kagum sama ente, turunin ya ilmu-ilmunya ke adik-adik di nuraniku, Ilmu layouter dan desain terutama, biar ada penerus orang super kaya ente bang :)

Mba risma , orang yang diem tapi suka bikin ketawa kalau udah ngomong, terima kasih ka buat kinerja nuraniku tahun ini di redaksi yang sangat luar biasa, ayo wariskan ilmunya sebagai redaktur yang handal, 

buat temen-temen pengurus yang lain, saya tak pernah menaggap kalin staf, dan saya selalu berusaha menghindari kata itu, karena saya masih terlalu cupu untuk mengatakan diri saya pemimpin dan kalian sebagai staf, kita adalah partner kerja yang hebat. terima kasih untuk kalian dari dept kaderisasi sampai redaksi teriima kasih banyak untuk semuanyaaa... :)kaderisasi,  
  • Nufi, terima kasih ya nuf, tetep semangat ya di nuraniku tahun depan :)
  • Fami Putri, fam, semangat orang-orang disni juga sama-sama belajar ko, terima kasih yaa, ayo belajar lagi tahun depan :)
  • Kiki, ki, terima kasih ya, atas tiap kontribusinya, tahun depan lagi ya :)
  • Grishelda, orang yang paling semangat di awal ketika  kaderisasi dan nuraniku tahun ini mulai bergerak, maaf kalau ada sebuah kesalahan atau sikap saya yang sampai elda kecwa, tahun depan lanjutkan ya :)
  • bowo, orang yang memaksa buat masuk dan belajar di nuraniku, sayang ente jadi ketua bem dan sibuk jadi sulit, sekarang pun jadi ketua bem, tapi nuraniku tetep bisa jadi tempat belajar bowo ko, semangat ya dan terima kasih ya :
Buat temen2 di Redaaksi, terima kasih atas setiap pengorbanan dan kontribusinya :)
  • Trias, terima kasih ya ias, atas waktu, kontribusi dan karyanya, tetep di nuraniku ya tahun depan :)
  • Lisfatul, wih wnita super luar biasa, semoga bisa bantu nuraniku tahun depan ya lis :)
  • Nuha dan Hasna, gpp ya kalian saya gabungin, ini kan kader satu paket dari bahasa arab yang hebat, yang banyak membantu di Nuraniku, lanjutkan tahun depan ya, :)
  • Danis, desain dan layouter nuraniku tahun depan ya sama nuha, pasti hebat deh tahun depan, okok :)
  • Wilda, editor yang luar biasa , keren :)
temen-temen dari litbang
  • Arum, terima kasih ya rum atas kontribusinya, semoga bisa meneruskan 
  • teh Euis, makasih teh udah paling banyak bantu dilitbang, terima kasih ya ka, :)
  • Nurul Khoiriyah, kokoi.. anak ft yang rajin, terima kasih ya nak, tetap semangat di nuraniku tahun depan :)
  • Doni Adiitya, sayang akh ana belum sempat mengenal antum, padahal kata ka icha atau ka ami doni mau banget uk sebagai pengurus nuraniku dengan sms beliau, tapi semoga next kita bisa saling mengenal :)
  • Febri Nurfalah, wah padahal berharap karena febri yg datang di muker nuraniku bisa aktif , tapi terim kasih ya feb buat waktunya di nuraniku :)

dan Terakhir, Departemen Pemasaran dan Usaha..
  • Ayu Martin dan Dian septi , maf ya , saya belum mengenal kalian, tapi semoga tetap terjaga dalam kebaikan ditengah kesibukan :)
  • Rozan Hilmy, hei rozan orang yang paling antusias dan semangat, saya melihat masa depanmu cerah nak di FT, siap ya Hilaman (* kalau kata Izzah dalam syuro terakhir di LDK , masi bertanya siapa ya hilman :D), semangat ya zan, siap menerima amanah lebih hebat lagi di nuraniku ya :)
  • Martono , wah sosok yang luar biasa, mungkin cocok jadi  ketua nuraniku tahun 2014, siapkan martono :)maaf...maf untuk teman-teman yang buelum saya kenal secara kelas, memang ini keterbatasan saya dalam mengenal seseorang atau kesalahan saya kerena kurang peka sebagai pemimpin untuk kalian :), tapi insya Allah dalam diam dan doa yang tebaikk selalu menjadi kado spesial untuk kalian :) 

afwan jiddan atas segala sikap, tindakan , perkataan, kedinginan sikap, sikap yang mematahkan semangat kalian, atau apapun kehilafab saya kepada kalian, jika ada masih janji / hutang/ kesalahan saya yang belum saya lunasi mohon kabarkan saya dengan segera :)
#Nuraniku Unj
Jazakumullaah khairan katsiira untuk periode yang telah terekam dengan sangat indah. Terima kasih telah mewarnai perjuangan di 2012 ini. Percayalah, demisionernya kita bukanlah terdemisionernya ukhuwah kita. ^^

Reaksi: