Sebuah Kebanggan "orang biasa ditengah orang-orang Luar biasa"

Posted by Ahmad Khairudin on 00.03 with No comments

"Semua mimpi kita dapat terwujud, asalkan kita punya keberanian untuk
mewujudkannya" 
Walt Disney


Dear Sahabatku (Kalian yang membaca Tulisan sederhana ini ), terima kasih :)

    Semua orang diciptakan istimewa oleh Allah SWT dengan bakatnya masing-masing. Tapi terkadang mereka terhalang oleh pikirannya sendiri dalam mengembangkannya. Hanya berawal dari sebuah Impian yang diteruskan keberanian untuk mencoba mendaftar di salah satu forum Nasional tingkat Mahasiswa lagi, setelah bisa terdaftar lolos di agenda Forum Indonesia Muda angkatan 12 dilanjut dengan NFEC (National Future Educator Conference ) 2012 yang diadakan oleh Sampurna school of Education sekarang bisa Lolos dan terpilih sebagai dari hasil seleksi 429 Mahasiswa terbaik se-Indonesia. Alhamdulillah senang rasanya menjadi orang biasa yang mampu berada di sekumpulan orang-orang luar biasa.

Sebuah pepatah yang sengaja saya buat (^_^)
" Orang yang tidak ada dalam Foto akan Terhapus oleh sejarah ".- Ahmad Khairudin -
Maka Tulisan saya kali ini akan banyak Foto-foto yang sengaja di terbitkan :)

#Hari Pertama
      Sedikit kecewa sebenarnya. Bagaimana tidak, Panitia yang menyuruh saya datang pagi sebelum jam 12.00 Jum'at tanggal  9 November 2012 ternyata acara baru di mulai Pukul 16.32 WIB, terpaksa saya harus merelakan Ujian Tengah Semester Mata Kuliah PLC (Programmable Logic Control ) padahal mah kalau tau acara mulai jam segitu saya bsa datang sore setelah ujian menginggat jarak dari rumah dan depok itu cukup dekat, tapi ya sudahlah ini sebuah konsekuesi yang harus saya jalani. Maka saya coba menikmati :)

      Hehehe, awalnya sedih kecewa, kesal namun disinilah arti sebuah pilihan karena ini penggalaman yang hebat, sungguh sulit menuliskan pengalaman hebat 4 hari lalu, mulai tanggal 9 - 12 November 2012 di acara Indonesia Leadership Camp 2012.
semoga Foto-foto bisa mewakili sepenggal sejarah yang sedang saya bangun.

Foto : Dok.pribadi Saat sebelum masuk Balai sidang Universitas Indonesia

Foto : Dok.pribadi Saat sebelum acara Grand Opening Indonesian Leadership Camp 2012

     Sedikit cerita, Saat sambutan oleh perwakilan Direktorat Universitas Indonesia di Balai sidang UI, berkata tempat ini adalah tempat pengukuhan dan pengangkatan Guru Besar di Universitas Indonesia. Ketika berbicara sosok Guru besar, selalu saya tekadkan dalam hati sambil berdoa. Hmmm, semoga saja saya bisa menjadi Guru besar di Universitas Negeri jakarta sebagai Guru Besar dalam Bidang Pendidikan. Amminnn (^_^)

#Hari Ke-dua


Foto : Dok.pribadi sebelum Sesi Materi Hari ke-2 dengan Mahasiswa ITS dan UNTAN

Foto : Dok.pribadi saat coffee break materi, menyempatkan foto-foto bersama dengan peserta dari univ. lain 
#Hari ke-tiga
Foto : Dok.pribadi saat Sesi Minggu Pagi, olahraga di kampus Universitas Indonesia.

Foto : Dok.pribadi saat sesi outbond di kampus UI

Foto : Dok.pribadi saat sesi outbond di kampus UI
Foto : Dok.pribadi saat sesi outbond di kampus UI

Di sesi akhir dari ourbond series, ini yang membuat saya sedikit senang dari semua permainan outbond yang ada, membuat rakit dari drum, bambu dan tali, 


Semangat, Kompak & Penuh tanggung jawab dalam kerja Sama :)

Dan hasilnya bisa langsung di gunakan ke dalam danau dekat Asrama UI yang cukup luas :)




Foto : Dok.pribadi dengan Kelompok SemPaL ( Sekumpulan Para Leader )

#Hari ke-empat

       Hari terakhir, yang menjadi hari penentu indikator keberhasilan dari pelatihan 3 hari sebelumnya di setiap agenda pelatihan, apakah ada pengaruh besar dalam dirinya tentang tiap-tiap waktu yang dilewatkan, tiap kejadian yang di rasakan dan komitment nanti akan dipertanyakan. Hari dimana benih kerinduan akan tertanam, ketika setiap individu - individu harus rela melepaskan tiap kenangan, saat ketika esok mereka bangun tidur dan tersadar bahwa orang-orang yang mereka lihat sudah berbeda. Hari dimana tiap  individu akan berkata, "Semoga kita bisa bertemu lagi ya di lain kesempatan", semoga hari ini menjadi hari paling berkesan, selamat jalan & selamat berkontribusi di kampung halaman. Umpatku dalam hati.

City Tour dan Kunjungan ke KOMISI I DPR RI, perjalanan pagi hari dimulai, diawali dengan melihat pemandngan kereta ekonomi dari arah Depok menuju Jakarta, banyak dari mahasiswa daerah lain bertanya dan mempertanyakan, apakah itu terjadi tiap haru disni ? saya hanya tersenyum menjawabnya.
dengan kondisi kemacetan, kepadatan lalu lintas.


Foto : Dok.pribadi saat di ruang sidang utama Komisi I DPR RI

Foto : Dok.pribadi dengan 3 Delegasi Mahasiswa UNJ saat di ruang sidang utama Komisi I DPR RI



2 Orang Luar biasa dan 1 orang biasa dari Kampus Hijau

akan saya perkenalkan 2 orang Luar biasa dari kampus Hijau ini, 
1.  Haryo, Pejuang GEN-BI
GEN-BI, Generasi Baru Indonesia, sepintas yang saya pikirkan adalah slogan MPA (Masa Pengenalan Akademik Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, GEN BIRU yang merupakan singkatan
2. Ervina, "Dia itu Mapres UNJ"

Singkat cerita pernah terjadi diskusi tentang Mahasiswa Berprestasi dengan teman sekelasku.
 apa sih hebatnya Ervina yang jadi Mapres UNJ itu din, "tanya salah seorang teman sekelasku".
apa ya ? gw juga ga tau pastinya, tapi orang kalau udah jadi MAPRES pasti nilai akademik, keaktifan di organisasi dan prestasinya bagus, gw juga ga kenal sama dia."Jawabku dengan santai".
iya semoga suatu saat gw bisa kenal dengan dia,

dan Alhamdulillah acara ini memperkenalkan saya dengan beliau, semoga ini bisa menjawab pertanyaan teman saya. sebuah tulisan yang penulisnya adalah saya sendiri :D
MAPRES UNJ ; “Mengharumkan Nama UNJ dan Membuktikan Amanah Bukan penghalang Prestasi”.
          Jakarta, 12/11/2012. Satu lagi torehan prestasi dibuat oleh Ervina Maulida , mahasiswa berprestasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Tidak hanya lolos sebagai 131 mahasiswa terpilih dari 429 Mahasiswa yang mengikuti seleksi ILDP (Indonesian Leadership Development Program) ILC 2012 (Indonesian Leadership Camp 2012) yang diadakan tanggal  9 – 12 November 2012 oleh Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Ervina juga mendapatkan kesempatan untuk memaparkansosial project "PURI ABATA" yang kemudian mengantarkannya menjadi Juara Satu, mengalahkan kompetitor lain dari ITS, Universitas Brawijaya, STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Universitas  Atma Jaya Yogyakarta dan beberapa universitas lainnya.

         Ketika diwawancarai oleh Nuraniku, mahasiswi yang juga aktif sebagai kepala departemen Learning Center di lembaga dakwah fakultas BSO al Iqtishodi ini dengan rendah hati mengatakan, “Alhamdulillah, ini merupakan  prestasi pertama yang saya buat setelah terpilih sebagai mahasiswa berprestasi tahun ini, malu juga rasanya belum punya prestasi sejak dinobatkan sebagai Mawapres UNJ. Tidak menyangka rasanya bisa menjadi juara satu dalam social project ini, karena teman-teman peserta lain itu social project dan pemaparannya lebih bagus dari saya”.
Amanah Bukan Penghalang Prestasi                 Amanah bukan penghalang prestasi. Ya, itulah kalimat yang layak di ungkapkan untuk mahasiswi terbaik UNJ ini. Vina -demikian panggilan akrabnya- bercerita bahwa satu hari menjelang keikutsertaannya dalam acara ini, sempat terjadi konflik jadwal. Jauh hari sebelumnya ia sudah diminta menjadi moderator di acara Women Islamic School yang diselenggarakan oleh BSO Al Iqtishodi pada waktu yang bersamaan dengan Grand Opening ILC. "Agenda itu sudah terjadwal dan disepakati sebelum ada pengumuman terpilihnya Vina di program ILC. Tadinya Vina udah minta izin ke panitia ILC untuk tidak hadir di Grand Opening, tapi ternyata konsekuensinya tidak akan diwisuda sebagai peserta ILC dan tidak dapat sertifikat. Jadi Vina putuskan untuk mengorbankan agenda tersebut." Besoknya ia datang pagi-pagi ke UI untuk registrasi dan kemudian ia izin kembali ke UNJ sampai pukul 17.00 WIB untuk memenuhi amanah di kampusnya. "Kalau ini agenda di luar Iqtishodi, sejak kemarin Vina sudah minta untuk digantikan, tapi Vina sudah melihat sendiri bagaimana perjuangan teman-teman panitia untuk acara ini, tak rela rasanya mengecewakan mereka semua.“ ujar aktivis yang saat ini tercatat sebagai mahasiswi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi UNJ.

       Muslimah yang aktif di lembaga dakwah BSO al Iqtishodi ini telah menunjukkan kembali kapasitasnya sebagai mahasiswa muslim yang progresif, amanah dan prestatif. Dengan padatnya amanah yang diemban, ia mampu meraih juara satu mengalahkan 131 proposal social project mahasiswa terpilih lainnya dalam acara ILC dan mengharumkan nama kampusnya, Universitas Negeri Jakarta. Tak heran jika wanita dengan segudang aktivitas ini dinobatkan sebagai mahasiswa terbaik di kampus negeri satu-satunya di ibukota. Teruslah berkarya dan berprestasi, Vina! (AK)
Dikutip dari Berita Pers kampus (HariaNuraniku), yang penulisnya adalah saya Sendiri :)


dengan sebuah pelajaran berharga, itu cara Allah memperkenalkan saya dengan beliau :)
Selamat, semoga bisa terus membanggakan Almamatermu dan bisa menciptakan penerus perjuanganmu !
dan ini merupakan jawaban atas pertanyaan teman satu kelas saya.
dan terakhir, 1 orang biasa itu adalah saya sendiri, seorang mahasiswa yang bangga dengan statusnya sebagai mahasiswa biasa yang selalu senang dikelilingi orang luar biasa, paling yang bisa di banggakan hanyalah memimpin sebuah lembaga pers dakwah kampus , namun itu juga saya belum totalitas dan masih kalah kualitas dibanding rekan-rekan satu organisasi saya yang lain, yang kemudian menjadi bagian dari keluarga Kunang-kunang penginspirasi negeri :)

"4 Dimensi KepeMIMPInan "
Are You Leader ?? apa jawabmu ketika ditanya seperti ini , jawaban paling jujur apakah yang akan kalian ucapkan?? apakah kalian mampu dan yakin ??
        Dari Mimpi menjadi PeMIMPIn, itu slogan yang selama ini menguatkan.
Dimulai dari mimpi kemudian memimpin. 
sebuah 4 Dimendi kepemimpinan yang mutlak saya pelajari dari acara ini yang saya terjemahkan dalam kata untuk menuju kemandirian bangsa, 
  1. MIMPI dan Berani
  2. K3 ( Kualitas, Karakter & Kemampuan diri ) yang siap dan Unggul
  3. Peduli, dan
  4. Komitment dalam Tujuan




cukup untuk kisah hebat ini, memang menjadi Sebuah Kebanggan ketika "orang biasa bisa ditengah orang-orang Luar biasa", senang mengenal kalian semua. :)

18.47 WIB, panggilan jiwa sebuah Komitment dan aplikasi Ilmu
dan kemudian, saatnya kembali kedunia nyata, kembali dipanggil untuk sebuah ide dan pemandangan yang menganggu pikiran, seakan dunia saat itu bertanya "Apa yang bisa kau lakukan ??"

Foto : Dok.pribadi dari atas shelter jembatan penyebrangan Trans Jakarta PGC

Masalah belum selesai, semoga tak akan letih hingga keletihan itu letih mengikuti diri ini dalam berjuang.
Semoga Program ini adalah sebuah tiang-tiang yang kuat untuk membangun karakter pemimpin muda bangsa, menguatkan impian untuk menjadi pribadi yang bermanfaat & berkontribusi untuk Negeri.
Selamat menjalani hari....
“Hari-hari kita pada umumnya memprioritaskan emosi yang dominan cinta dalam jiwa. Jika kita ingin mengubah segala sesuatu dalam jiwa, tentu diawali dengan mengubah cinta, jiwa dan dunia.”
ILC 2012 : "Global Leader, Indonesian Colours"
Sungguh kisah ini tidak bisa diceritakan secara mendetail dan mendalam, namun terekam jernih dalam ruang memori otak kanan, semoga bisa mengisahkan lebih lengkap di lain kesempatan. (^_^)

Ini Materi yang Alhamdulillah sempat Terekam, silahkan download Disini 
Download
Materi I
Materi II
Materi III
Materi IV
Materi V
Materi VI


Reaksi: