RoadShow IJT - Urgensi Media Islam Kampus

Posted by Ahmad Khairudin on 21.12 with No comments
Bismillah, Rabu 17/10/2012 @Gedung Daksinapati FIP UNJ

           Alhamdulillah, Lembaga Dakwah Fakultas Fakultas Ilmu Pendidikan bekerja sama dengan Lso Pers Dakwah Kampus Nuraniku UNJ, memberikan izin kepada saya untuk menyampaikan sepatah kata dan sekelumit pembahasan tentang Urgensi Media Islam Kampus.

           Dibuka dengan pembacaan ayat Cintanya Allah, surat Al Qalam oleh teman-teman Tarbawi FIP. Saya ingat surat ini yang membawa pribadi ini menjadi seorang pejuang pena Allah di Universitas Negeri jakarta, yang dikenal sebagai Kampus Tarbiyah (red : Pendidikan), pertama saya menyampaikan ayat ini, sebuah ayat Al Qur'an yang menjadi Landasan Dasar seorang Jurnalis Muslim,

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa berita, maka cek dan riceklah berita itu, agar kamu tidak menimpakan suatu malapetaka kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya, sehingga kamu menyesal atas perbuatan itu." (Al-Hujuraat: 6)


          Dalam kesempatan ini juga saya mengambil sample data menarik, saya menyampaikan ke teman - teman tarbawi yang hadir ." Tahukah kamu, Indonesia adalah pengguna facebook terbesar ke-2 di dunia. Jumlahnya 39 juta pengguna. Satu level di bawah AS dengan 146 juta pengguna. Tahukah kamu, Indonesia adalah pengguna twitter terbesar ke-5 di dunia dengan persentase 19% porsi dunia."
Bukan sebuah angka yang kecil, dan saya pun memberikan pesan, Jadi perhatikan apa yang kamu tuliskan dan kamu ungkapkan. Mengeluh, marah-marah, dan mengeluarkan kata-kata kasar bisa berdampak sangat buruk bagi orang2 yang membacanya. Manfaatkanlah media sosial untuk menebarkan kebaikan dan memberi manfaat kepada sesama.



Tentang Urgensi Media yang berkembang saat ini.

          Semua tau bahwa media itu penting, mau televisi, cetak, ataupun elektronik, dan kebanyakan media yang ada menyudutkan islam dan membuat isu opini umat bahwa islam kaitannya dekat dengan Terorisme, kejahatan dan pemberontakan, Parahnya, pihak yang menguasai media-media massa tersebut adalah kaum Islamophobia, terutama kelompok Sepilis (sekuleris, pluralis, dan liberalis) yang minoritas jumlahnya dan padahal mereka juga ada yang beragama Islam. 

          Bagaimana kekuatan media, ini menjadi senjata mematikan yang bila digunakan bukan mencelakakan secara fisik, lebih dari itu yaitu celaka pemikiran dan mental. Upaya penguasaan atas media massa cetak dan elektronik memang terasa mustahil bagi umat Islam, termasuk kaum Muslimin di Indonesia saat ini. Ungkapan ini sangat wajar mengingat sekarang ini secara umum umat Islam masih dibelit dengan masalah modal. Harus diakui, media massa, terutama televisi adalah bidang yang padat modal.

       

So, Apa Alternatif Dari Masalah yang ada.

          Pentigkah Islam punya medianya sendiri ?? silahkan tanyakan hati nurani anda. Namun dengan meminjam pendapat KH. Abdullah Gymnastiar, kita mulai dengan media massa yang kecil, mulai dari kita yang merintisnya, dan mulai sekarang juga, insya Allah kita akan mewujudkan impian tersebut.

          Bagi masyarakat Muslim secara umum, dukungan terhadap upaya penguasaan media massa oleh Islam dapat dimulai dengan lebih banyak mengakses media massa Islam dan meminimalisir atau bila perlu memboikot dalam mengakses media massa yang dikelola kaum Islamophobia.

          Langkah ini merupakan bentuk pengamalan ajaran Al Qur’an tentang selektivitas dalam mengakses berita, sesuai dengan ayat yang saya bacakan di awal tadi “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al Hujuraat : 6). Wallahua’lam.




Terima Kasih untuk teman2 Tarbawi FIP UNJ & Nuraniku UNJ

@tarbawi_fipunj


Kita sama-sama tau, ada sebuah pepatah terkenal mengatakan , siapa yang menguasi Media dia akan menguasi Dunia, setiap media pasti punya pesan dan Visi misi yang di sampaikan, untuk Itu adanya saya disini Pun Punya maksud dan Tujuan, yaitu mengajak kalian semua untuk peduli akan media islam yang ada.
Ikut IJT yaa :)



Undangan Spesial Untuk Ikut Meriahkan Agenda Yang baik ini,
saya akan merasa berdosa kalau acara bagus seperti ini tidak dipublikasikan secara Luas.
Yang peduli dengan Media Islam, Yang Suks Jurnalistik Islam.
Kesempatan Menghadiri acara bagus ini.

Bismillah, kita mulai dengan media massa yang kecil, mulai dari kita yang merintisnya, dan mulai sekarang juga, insya Allah kita akan mewujudkan Media Islam yang Mandiri.









Silahkan Bagi yang Ingin Mendaftar :)


Pendaftaran melalui sms, ketik :
IJT6_Nama Lengkap_Fakultas/Univ/Instansi_No. Hp
kirim ke :
089630220221(ikhwan) dan 089654273357(akhwat)

Raih ilmunya dan dapatkan fasilitas berupa:
Sertifikat, snack, dan makan siang

Reaksi: