#Pendidikan untuk Kekayaan bahari yang tak dikenali

Posted by Ahmad Khairudin on 20.48 with 2 comments



Kenapa saya harus ikut berkontribusi disini ??

Ahmad Khairudin. Saya adalah putra pribumi dari Ibu kota Negara kesatuan Republik Indonesia, dari kecil berdomisili di jakarta, ayah saya Suku Betawi asli dan ibu saya adalah orang berdarah asli Banten, berawal dari sebuah ajakan seseorang yang hebat yang saya kenal melalui agenda nasional Forum Indonesia Muda, saya mendengar kabar bahwa ada sebuah kongres tingkat nasional bahwa akan adanya Kongres Bahari pemuda Indonesia di makasar akhir bulan juni nanti membuat saya merasa tertantang untuk ikut turut serta dalam meningkatkan penyadaran bahwa ada potensi di Negara ini yang terlihat terabaikan.

Teringat saat saya berlibur ke beberapa pantai yang pernah saya kunjungi, ini sedikit cerita singkat saya melihat pesona wisata alam bahari bumi nusantara, mulai dari Laut Parangtritis, anyer, kemudian laut pantai selatan atau biasa dikenal pelabuhan ratu yang sangat memanjakan mata, di lanjut melihat pantai pasir putih di pangandaran jawa barat, ini daftar beberapa wisata bahari yang pernah saya kunjungi, yang menurut saya walaupun sudah dikelola dengan baik tetap saja harusnya ada perhatian khusus untuk terus meningkatkan fasilitas kenyamanan dan pengelolaan yang baik agar para wisataan yang berkunjung ke tempat-tempat ini bisa menikmati wisata mereka dengan nyaman.

Namun tak bisa dipungkiri, penyadaran itu belum di maksimalkan kinerjanya dan belum dioptimalkan pengelolannya, seperti ada 1 daerah di Banten, pantai lontar belakang desa sujung kecamatan Tirtayasa, disana ada sebuah pantai yang indah dan membentang luas namun sayang masih belum diperhatikan oleh pemda setempat. Dan harusnya itu bisa menjadi evaluasi bersama bahwa pasti ada di beberapa daerah – daerah di Indonesia yang sebenarnya punya potensi wisata bahari yang sangat luar biasa namun belum diperhatikan kesejahteraannya dan masih terabaikan oleh masalah-masalah negara yang main tak karuan ini. Siapa yang tidak setuju bahwa Indonesia adalah negala kepulauan dan 2/3 negara indonesia adalah perairan, yang pasti di setiap pulau-pulaunya memiliki ciri khas mengenai kekayaan wisata alam baharinya masing-masing. Berbicara mengenai Forum Pemuda Bahari Indonesia berarti membuka sebuah harapan besar bahwa ada kesempatan atau sektor garapan lain yang mampu mengembangkan dan memajukan Negara Indonesia.

Kenapa saya harus ikut berkontribusi disini ?? iya, ini adalah sebuah pertanyaan besar dalam hati, walaupun basic saya bukan dari ilmu kelautan, fakultas perikanan atau pariwisata namun saya sadar, ada sebuah rasa kepedulian dan tanggung jawab serta tantangan untuk berkontribusi aktif dalam mengembangkan Indonesia dalam rangka mengisi pembangunan.  Saya  disini tetap membawa karakter yang memang sudah ada dalam diri saya, yaitu dari sektor pendidikan. Berharap dari pendidikan lah pengetahuan, penyadaran serta inisiatif untuk mengembangkan wisata bahari di Nusantara bisa di banggakan dan tidak lagi terabaikan.

            Di provinsi asalaku, Ibukota Negara Republik Indonesia yaitu Jakarta, juga memiliki wisata bahari yang tak kalah dengan laut laut diberbagai daerah seperti bali,pangandaran dan wisata bahari lainnya. Kepulauan seribu disinilah ada kekayaan wisata alam bahari yang membuat ibukota merasa lengkap, dilihat dari situs taman nasional kepulauan seribu http://www.tnlkepulauanseribu.net/ , memang sudah pengoptimalan dan pemberdayaan serta penyadaran tentang menjaga wisata bahari. Namun memang rasanya masih belum cukup sampai disitu, harus terus ada upaya upaya penyadaran melalui kegiatan baksos atau program pendidikan yang lebih menyadarkan bahwa betapa pentingnya menjaga ekosistem dan keindahan serta kekayaan bahari Indonesia.

Rencana / Planning kasar yang akan saya suarakan agar di laksanakan di provinsi DKI Jakarta adalah.
  1. program pendidikan mengenai pengenalan tentang KeBaharian sampai bagaimana menjaga, mengoptimalkan serta melestarikan yang ada di tiap tiap pulau yang ada di kepulauan seribu yang dikhusus kan untuk anak usia di bawah 17 tahun
(semacam sekolah Alam di bidang kelautan)
  1. Berharap adanya Forum Pemuda Penjaga Bahari Jakarta yang dinaungi Khusus dan langsung oleh Menteri Kelautan dan Pariwisata.
  2. Di wilayah jakarta sendiri mustahil tidak ada yang tau kepulauan seribu, jadi walaupun terlihat biasa memperkenalkan dan mengajak wisatawan untuk berlibur ke kepulauan seribu namun dikemas dengan cara yang baru, misalnya menawarkan ke sekolah-sekolah untuk study tour ke beberapa pulau yang ada dikepulauan seribu.
  3. Penyuluhan kepada masyarakat agar ikut berperan aktif menjaga dan melestarikan kepulauan seribu

Memang terlihat program biasa, namun kalau hal biasa ini dilakukan dengan sangat baik akan berdampak sangat baik pula untuk wisata bahari di Kepulauan seribu, namun jika hal bisa ini hanya menjadi wacana dan diabaikan jangan heran bila hal yang menurut kita biasa ini akan menjadi masalah yang sangat luar biasa.

#Aku Untuk Bahari NusantaraKu
Ahmad Khairudin/Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta







Reaksi: