Keynote Speech-Emil Salim-28 April 2012 -#manakaraktermu

Posted by Ahmad Khairudin on 16.43 with No comments

Berkas:Emil Salim.JPG

saya ternyata sala berprasangka, saya pikir beliau akan menyampaikannya dengan bijak dan nada suara yang santai namun bermakna, tapi ternyata lebih hebat lagi, di usia yang telah hampir 80 tahun beliau menyampaikan Keynote Speech di pembukaan acara Forum Indonesia Muda dengan sangat baik dan penuh semangat .


dengan suara lantang dan semangat yang mengebu-gebu ia mengatakan dan bercerita,
  Bung Karno lahir 1901 dan menjadi presiden 1945, top karir 44 tahun, Soeharto lahir 1921 menjadi tokoh 45 tahun, semua tokoh2 mencapai puncak prestasi umur 40an disanalah ia menjadi top. Maka kau sekarang tahun 2012 umur sekitar 20an, kalian masih punya waktu 20-25 tahun untuk mencapai puncak, jadi apa 25 tahun nanti, ketika. Gimana ya Indonesia 20 tahun kedepan, apa tantangan yang dihadapi Indonesia 20 tahun kedepan., ketika Bung Karno memimpin bangsa kedepan “cita-citaku adalah jauh kedepan”, walaupun saat itu beliau kuliah, “Indonesia masih terjajah –aku ingin menjadi pemimpin Indonesia merdeka.” Maka ada bintang yang beliau pegang, seluruh mimpi, idealisme diarahkan.

Karena itu jangan kau pikir mau menjadi apa hari ini, jangan kau pikir mau jadi orang kaya hari ini, tapi kau harus mimpi bagaimana kau saat mencapai usia 45 tahun. Maka kau harus pikir 25 tahun nanti Indonesia yang seperti apa, 2037, 2040 mencapai tingkat 100 tahun RI, kita memproklamasikan merdeka . salah satu pemimpin ada disini. Kau bisa melihat 100 tahun setelah merdeka, generasi kalianlah yang memimpin bangsa, bukan generasi saat ini, bukan generasi calon presiden 2014. Coba bayangkan kau punya mimpi apa 2045? Seperti Bung Karno saat ia menjadi mahasiswa ITB, cita-cita beliau bukan menjadi insinyur yang kaya, bukan menjadi berdasi, bukan, Bung Karno bermimpi, Indonesia merdeka. Bukan merdeka supaya ia menjadi presiden, tapi agar rakyat beranjak dari penderitaannya. Itu yang mendorong Bung Karno dibuang ke Bengkulu, banting ke Bangka, sukamiskin, karena didalam hati ada mimpi ini semua. Pengorbananku semua adalah menjadi pemimpin Indonesia merdeka. Api itu yang kau tangkap. Sekarang kau 2012 bagaimana si, setelah 100 tahun kemerdekaan. Ceckcok karena masalah terror, apakah RI masih ada 2045 nanti? Maka kita kembali ke sumber apa itu RI. RI tidak terdiri dari suku , satu agama,satu kelompok masyarakat. TIDAK.
            Kita satu2nya Negara kepulauan di seluruh Negara, jarak sabang ke marauke London ke Teheran (ada prancis, belanda) kita temukan bermacam2 negara. Namun dari sabang sampai marauke hanya 1 negara. Tapi Negara itu 7508 pulau. Kita ini tidak terdiri dari 1 ras, dari 1 suku, dari 1 agama. Teman tadi di papua (bertanya) (jawab: jayapura). Bertanya kepada peserta ttg perbedaan. We are not one ras. 17508 pulau bisa ada lautan pasifik, 2 iklim kontinen asia dan australi, kita adalah bineka bangsa. Cara makan, cara bahasa, cara pandang, berbeda-beda.
Yang penting adalah menghargai perbedaan. Jangan kau ingin orang jawa menjadi seperti papuaa, biarkanlah putrid jawa tumbuh menjadi putrid jawa. Ketika bertemu pelihara karakter masing2. Pahami apa Indonesia dulu. Indonesia engara kepulauan, berarti ketika tak ada angkutan, maka papua tak punya huBungan dg Sulawesi, maka lahirlah bahasa papua, Maluku. Jadi terimalah bangsa kita Bineka. Karena bineka itu pula. Masuk agama bermacam2, islam barat, Kristen timur, katolik Ntt. Fakta sejarah harus diterima. Karena itu perbedaan agama tak boleh menyebabkan bangsa ini pecah. Jadi karakter apa yang dipegang :
1.      Menerima perbedaan suku
2.      Menerima perbedaaan Agama
Maka jangan musuhi orang karena agamanya, agama mesti menjadi pemersatu bukan factor bentrok perselisihan. Karena itu saya sering heran, mengapa timur tengah, mengapa yahudi Israel, begitu dahysat perang pembunuhan karena berbeda agama.. Indonesia yang beda2 RI tak boleh pecah karena
3.      Apa itu RI
Jawa pulau besar, Kalimantan pulau besar, Maluku provinsi seribu pulau. Jadi berbeda2 pulau2 kita. Maka di Maluku jangan kau bicara ttg jalan tol.,, Maluku perlu angkutan laut, pelabuhan2, pemersatu provinsi. Papua jauh lebih besar dari jawa, jawa punya jalan tol, masa papua tak ada jalan yang baik. Maka kita sebagai putra RI harus punya mimpi. Apa yang dibutuhkan papua harus dipenuhi. Papua berhak memperoleh jalan.

Pembangunan adalah pembangunan tanah air, dari sabang sampai marauke bukan hanya di jawa. Dengan tidak melupakan bahwa banyak pulau2 yang jalannya tak ada, tolpun tak dikenal. Ada semangat rasa adil, pembangunan ini berjalan simultan, jangan jawa maju sendiri meninggalkan papua suulawesi,
Apa pembangunan adil itu? Yang mendorong itu semua adalah otak manusia. The brain power. Selama kita tak ada otak yang membangun tanah air.,, selama itu ada kekuatan luar yang menguasai bangsa kita . karena itu ada negara2 yang menguasai, maka kembangkan otakmu! Belajar, belajar, setinggi mungkin, s1 s2 s3 ss laiinya.. 45 is battle of otak, siapa yang punya otak dia menang, yang tak apunya dia kalah. Boleh kawin tapi setelah kawin belajar lagi J
Tapi belajar yang gimana? Kita punya mimpi, bagaimana ya dunia 2045? Eropa benua yang saat abad 1920 paling hebat, tapi dia tua dia sudah lewat masa puncaknya, muncul ame3rika akhir abad 20 permulaan 21, tapi amerika mulai jenuh dan mulai cappek, siapa bintang2 pertengahan abad 21? RRC? India? Indonesia. Apa yg menentukan kjekuatan? Jumlah penduduk. 2045 RRC menjadi 11,5 m, india 1,3m. kalo diluar ini Indonesia tiga top asia. Maka apa gambaran tahun 2045, 2-3 negara berpenduduk terbesar akan menjadi pusat pembangunan.

Nah, lantas kita berfikir, 2045 apa kekuatanku untuk bersaing sdengan mereka? Mereka punya oto yang banyak, penduduk yang banyak, otot dan SDA dikembangkan negaranya. Indonesia, maka otot pasti kita kalah, tapi RRC dan india yang tak ada, SUmber daya Tropis. Negara mana yang dilewati katulistiwa? Indonesia di asia. Tanzania di afrika. Hanya RI Negara kepualauan dari London ke Teheran. Indonesia kepualauan terbesar di bumi ini. Lihat bopla bumi, Indonesia satu2nya Negara kepualauan sepanjangh katulistiwa. Tidak ada musim dingin, matahari bersinar 12 bulan setahun, hujan selalu ada, lautan membawa ikan. Kalo sini hangat ikan, kita di lintas perikanan dunia.
Nah, kita sabuk katulistiwa, maka kehidupan alami, kehidupan 2 musim hanya ada di RI Negara kepulauan di seluruh dunia. Maka apa cara kita berfikir? RRC tak ada tropical, india tak ada tropical resources, kalo kita main kartu, kartu as kita ada di lautan tropis. Maka kartu ini yang kita mainkan kepada lawan yang tak punya kartu ini. Daratan tropis tak ada di cina. Kembangkan otak, naikkan nilai tambah. Lautan dan daratan. Cina otot, kita otak, mau apa kau? Jadi persaingan itu bertemunya dua tokoh, ini darahku itu darahmu. Tapi SDA lautan. Maka hutan lebih dari kayu, lebih dari kelapa sawit, lebih dari batubara. Bukan itu yang dimaksud. Batuubara cina, klapa sawit Malaysia. Yang tak mereka punya, kekesanan.
Saya tak suka klapa sawit berhenti pada minyak, ia berhenti pada kosmetik. Hanya mengeksplor coconut oil, firing gas supaya gas… padahal yang dibakar gas yang bisa diuraikan menjadi bahan produk kosmetik, obat2an, kita ekspor tembaga, padahal ini (mic) dari tembaga, padahal Indonesia sumbernya. Timah terbesar dari babel yang kita ekspor bahan mentah yang diimpor barang jadi. Otak tak berfikir. Kalo kita hanya mengekpor bahan mentah saja. Berarti otak bangsa itu ringsek. Maka 2045 mimpi saya, kebrengsekan ini harus didobrak. 2045 tak boleh lagi barang mentah kita ekspor.., yang kita ekspor bahan jadi dari bumi tanah air kita sendiri.
Disana Sumber Daya kita. Maka hutan lebih dari kayu, darimana kita tau? Dari penduduk asli warga dalam yang hidup dalam hutan. Bagaimana suku warga dalam berdagana2 kok bisa hidup berabad2?? Apa tak ada ular? Binatang buas?
Pergi kita ke pedalaman, semua sampai ratusan tahun. Mereka hidup dari alam. Suatu ketika saya pergi ke kepaa suku ibad, dibawa saya keliling kampungnya, tak ada puskemas, dokter, PMI. Saya Tanya “kalau kau sakit kepala?” ditunjukkan suatu daun, kalo sakit perut? Ulat2 dibakar, tumbuk, campur air, minum. Beres. Itu seperti obat norid dari cacing yang dibakar di tumbuk kemudian diminum. Kawan saya tau itu, hanya lebih dahsyat lagi. Saudara sakitnya apa? Kalo vertigo? Keluar dari kotak korek api, pacet ditaro dipipinya pas aku tidur, pas aku bangun pacet dimasukkan kedalam kotak tkorek api lagi. Kenapa dipipi? Gak tau. Oleh2 saya diberi korek api dg pacet.
Saya Tanya apa hebatnya pacet ini? Pacet itu ini adalah aorta, lalu disini bercabang, maka ketka darah kental masuk, maka oksigen tak ada, maka berputas dia, kemudian stroke. Kental darah tak bisa masuk ke jantung, maka heart attack mematikan. Jadi sahabat saya, suku dayak ditempel ke pipi. Pacet ditempelkan ke pipi dan darah cair kembali, darah mengalir kembali, vertigo hilang. Pacet obat stroke dan serangan jantung. Siapa yang menemukannya, bukan prof dr tapi pak medang, suku… jangan anggap remeh kita punya suku dalam.
Kau makan apa? Racun digunakan sebagai obat, warga punya kearifan alam. Hidup dari alam. Maka saya punya mimpi kalau para ilmuwan bisa berdialog dengan para suku, maka bertemulah wisdom alami dgn science, memperkaya alam, memanfaatkan suku anak dalam. Memperkaya SDA. Ini yang saya harap dari anda. Diantara kau membantu suku anak dalam untuk menglab obat2. Di papua ada lumpur, kalau ibu mengandung diberi lumpur, diperiksa lumpur itu mengandung kesehatan. Lumpur saja ada kasiatnya. Belum lagi kita gali macam2.
RI adalah tanah air kita. SDA punya otak. 2045 ketika dunia mengalami persaingan dahsyat, RI tetap berdiri tegak, kearifan local dengan science tanpa merusak lingkungan. Siapa yg saya harapkan? Kau yang saya harapkan. Forum Indonesia muda

Semoga tuhan menberkahi kita…. Ungkapan penyemangat Keynote Speech-pak Emil Salim 
Reaksi:
Categories: ,