" kami Tidak hanya mendapat Pengalaman , namun belajar akan keikhlasan dalam kekecewaan mendalam "

Posted by Ahmad Khairudin on 10.50 with No comments

INI SUARA MAHASISWA.... .. . . .Sebuah expresi kekecewaan, Ini Expresi , Ini ungkapan hati bukti kami Juga ingin di hargai ....

matkul " XX " jd trending topic buat anak" ELKA NR 09 .. yang penting pengalamannya wkwk :p

" Kyak ga mikir prasan org lain ja..
"DIBUANG & JADIKAN PENGALAMAN"
 Bner-bner bkin Sakiitt Hatiiii...
 Mesti bnyak-bnyak sabaarr... 
Astagaa...~~" "

" Awal kuliah nanti tugas akhir nya observasi,,
eh skarang tugas akhir nya diganti. Ga menghargain perjuangan mahasiswa apa tuh dosen. Mana udah mau finish tu tugas,eh malah bilnag "jadiin pengalaman aja". Ga konsisten tuh dosen, kemarin bilang 3 sekarang bilang 4. ga bisa jd panutan mhsswa ny.." 

" Aye baru sadar,kenape lulusan ataupun Mahasiswa UNJ pas daftar ngajar kga mungkin ditolakkk! laahh bussetdah aye ngerasain sekarangg,tugas akhir mata kuliah Evaluasi pembelajaran=mengembangkan indikator ke dalam kognisi C1 - C5 pg:100 butir soal dan essai:100 butir soal..hhhaaaaajarr jek. hamasSah "

" sumpah!! Ngeselin bgt dosen yg satu ini.Seenaknya aj ngbatalin tgas akhir,w am klompok w udh bkin try out susah payah k skolahn n prosesnya aj lma bgt sampe hrus mondar-mandir k skolah, ehh,,taunya malah tugas akhir dganti materi yg baru.Malah tanggepan dosennya ngmong'a buat pngalaman,pngalaman si pngalaman tpi g gtu jg kali main btalin aj.g tau ap w ampe pusing bkin'a.pngn bgt w(¬.¬)ƪ(˘ε˘“) "

" kasian juga itu yang udah cape" try out "nyobain keluar" tp outputnya ga dianggp sbg pertimbangan nilai akhir "

" Ada yg pnya gitar accustik gk ? Pnjm dong mw triak2 ni sampai pagi menghibur diri, krn tugas gw gk d'hargai "

Expresi yang mungkin akan mengikuti perjalan kami di kampus pendidikan, expresi yang akan di kenang dalam langkah perjuangan kami

  Ini suara mahasiswa , Ini expresi ungkapan rekan - rekan saya dalam salah satu mata kuliah...yang saya pikir kami semua sepakat bahwa kami sangat " kecewa "ya mungkin bagi mereka yang belum melakukan tugas ini akan mudah untuk tak perduli, hanya bercanda , bergurau dan ini hanya sebuah lelucon yang memang pantas untuk ditertawakan ,namun berbeda bagi mereka yang benar - benar mengerjakan tugas ini hanya demi sebuah nilai. 

  Berawal ketika membicarakan tugas akhir semester tentang Observasi ke sekolah harus membuat Try Out, " tugas akhir kalian itu Buat soal try out ke SMK sesuai bidang kalian, dan nanti di buat laporannya dan di kumpulkan satu minggu sebelum UAS " ujar dosen Mata Kulaiah XX
kisah berlanjut mulai dari pencarian sekolah yang akan di observasi , pengurusan surat yang membutuhkan tanda tangan birokrasi , harus bolak- balik ke FT - Jurusan - BAAK dan Birokrasi Sekolah , Itu yang menemani kami dalam menyelesaikan pemenuhan tugas akhir MK XX, banyak melalui proses , melalui sistem yang resmi dan dengan ikhlas kami semua Mahasiswa " Teknik Elektronika " terus berproses menyelesaikan tugas akhir itu, semua berjalan lancar walau ada beberapa dari kelompok teman-teman saya yang rela sampai harus mengurangi waktu tidurnya , begadang dan harus bermalam di rumah rekan yang lain hanya untuk mengejar membuat soal - soal try out yang akan di ujikan, di kalender akademik pun sekarang sudah H-1 Bulan sebelum UAS , dan hanya beberpa minggu lagi harusnya tugas akhir ini dikumpulkan ,namun semua berbeda ketika masuk pelajaran hari ini, Rabu, 7 Desember 2011 Ruang 302 Gedung L1 Teknik Elektro, ada pembahasan tugas baru yang mengharuskan membuat pengembangan butir indikator sebanyak 100 buah contoh soal Essay dan 100 Contoh soal Pilihan ganda yang dikembangkan dari 1 indikator. " ya, Ini tugas ya , kalian buat 100 soal Essay dan 100 PG dari satu indikator , ujar dosen MK XX. salah satu rekan saya mencoba bernegosiasi , " pak , apakah bisa tugas itu banyaknya soal dikurangi karena kan kami juga harus membuat laporan tugas akhir observasi try out ke SMK itu pak ??"
dengan penuh ketenangan dan senyuman dosen itu menjawab , " ya tugasnya ini saja " , sehentak rekan saya tadi kembali mengajukan pertanyaan "lalu tugas observasi kami bagaimana pak ??"  dengan masih expresi yang sama , ya sudah dibuang saja "ujar dosen tersebut. Serentak ramai kelas mencoba bernegosiasi merasa adanya ketidakadilan dalam tugas yang di berikan. 

  pak , kalau ini dijdikan tugas akhir , jadi observasi itu batal ?? rekan saya yang lain menanyakan kembali seolah - olah memang ada rasa belum puas akan pertimabangan yang diberikan.
" ya, jadi buat tugas ini saja !! ",
lalu salah satu dari kami ada yang berkomentar , " maf pak sebelumnya kalau ini yang di jadikan tugas akhir , lalu apakah yang sudah melakukan observasi wajib mengerjakan tugas ini ??,
kemudian Beliau menjawab ya harus kalu yang sudah observasi buat 50 soal saja, 
kalau sistem nya seperti itu saya merasa adanya ketidakadailan , karena banyak dari kami yang sudah melakukan observasi , jelas dari kami yang sudah melakukan observasi ke SMk itu sudah banyak rugi waktu , tenaga , pikiran masa masih harus mengerjakan seperti ini, padahal di komitmen awal tugas akhir kita adalah observasi ke SMK dengan pembuatan try out , dengan Expresi yang sedikit bingung melindungi argumennya ,beliau menjawab " ya jadikan pengalaman saja "salah seorang rekan di samping saya sedikit menegur , udah , ini jawabanya sudah jelas , jadi jangan di teruskan,jam kulaih pun berakhir , tepat jam 20.00 Wib. saya merndengar bayak komentar banyak ungkapan yang di sampaikan , namun sayangnya mereka tidak mau mengungkapnya langsung pada dosen yang bersangkutan, padahal saya rasa mereka bisa berbicara lebih baik dari pada saya..!! 

intinya saya rasa kami tidak hanya mendapatkan pengalaman , namun kami belajar keikhlasan dalam kekecewaan mendalam dan mendapat hiburan malam hari untuk bersenda gurau membahas maslaah ini...saya akan diam dan tidak banyak berkomentar untuk masalah keteknikan , namun untuk masalah pendidikan saya tidak bisa tenang dan diam , apakah ini wajah pendidikan di kampus pendidikan ??

# Kisah nyata mahasiswa Biasa 
Reaksi: