Jumat, 30 September 2011

“ UUD itu bukan kitab Suci , Amandemen ada untuk perubahan 10 isu persoalan bangsa “

Posted by Ahmad Khairudin on 20.00 with No comments















Jakarta, (30/9/2011)
Kelompok Mahasiswa dari berbagai universitas di jakarta yang mengikuti pelatihan akademisi jurnalis yang bekerja sama dengan Suara Jakarta.com mengikuti sosilaisasi yang membahas tentang empat pilar kebangsaan yang bertujuan memperluas pemahaman empat pilar kebangsaan tersebut , yang di antaranya ialah pancasila, Undang – Undang Dasar 1945 , Negara kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka tunggal ika yang di sampaikan oleh Ketua Kelompok DPD DPR RI Bambang Suroso .
            Dalam kesempatannya Bapak Bambang Suroso di ruang Nusantara GBHN DPR RI jakarta,30/9/2011 selaku Pemateri dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut menyampaikan petingnya sosiaisasi empat pilar ini , “ karena ketika setiap orang sudah tau dan mengenal empat pilar ini, hal ini yang akan menjad ruh bahwa Pancasila UUD 1945 yang sebagai dasar hukum yang dapat menjadi rambu – rambu berkehidupan, serta NKRI dan Bhineka Tunggal ika yang menjadi dasar pemersatu kehidupan berbangsa dan bernegara.” ujarnya.

            Pensosialisasian tersebut juga menitik beratkan pada informasi pembahasan perubahan amandemen UUD 1945 kelima Negara Republik Indonesia,yang sebagai konstitusi UUD 1945 bukanlah sesuatu yang Immortal Constitution karena tidak menutup kemungkinan bagi upaya perubahan , sebagai mana telah di atur dalam Pasal 37 UUD 1945. Hal ini karena pada hakekatnya konstitusi bersifat dinamis menyesuaikan perkembangan kekinian dan visioner . Keinginan perubahan yang di landasi dengan semangat dan niat luhurt ingin melakukan penaataan kembali terhadap system ketatanegaraan demi tercapainya tujuan Negara dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan keadilan.

            Namun, Bambang kembali menjelaskan isu – isu strategis melalui berbagai kajian dan pembahasan , menghasilkan pokok perubahan yang ada beberapa persoalan bangsa , dan diantara nya ada 10 isu – isu serius persoalan bangsa, yang diantaranya :
Memperkuat sistem presidensial,Memperkuat lembaga Perwakilan, Memperkuat Otonomi daerah, Calon Presiden Perseorangan, Pemilihan pemilu nasional dan pemilu lokal, Forum Previlegiatum, Optimalisasi Peran Mahkamah Konstitusi, Penambahan Pasal Hak Asasi Manusia , Penambahan Bab Komisi Negara dan Penjaminan Bab tentang Pendidikan dan Perekonomian.

            “ UUD 1945 itu Bukan Kitab Suci , Karena itu amandemen ada untuk menyempurnakan UUD 1945 yang ada saat ini. Konstitusi terus Tumbuh , terus hidup sesuai kekinian keadan Negara”. “ ujarnya. (Dinz)



Nama    : Ahmad Khairudin
E-Mail  : ahmad.khairudin5@gmail.com
No. HP : 08999176708
web      : bazdaanishaazad.blogspot.com

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar